Pages

Rabu, 29 Agustus 2012

PAN: Pilpres 2014 Mengerucut ke Prabowo dan Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Bima Arya merasa yakin kalau pemilihan presiden (pilpres) di 2014 akan mengerucut ke dua nama. Yaitu, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa. 

"Kedua tokoh ini yang tren surveinya paling baik dibandingkan yang lain. Dengan melihat perbandingan tingkat pengenalan dan kesukaan," kata Bima kepada Republika, Senin (13/8).

Menurutnya, hal ini mengacu pada hasil survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang dirilis Ahad (12/8). Survei JSI menempatkan Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden dengan angka elektabilitas tertinggi, yakni 15,9 persen suara.

Megawati unggul atas 20 nama kandidat lain yang berasal dari kalangan partai politik maupun independen. Di bawah nama Megawati, ada Prabowo Subiakto (12,6 persen), Aburizal Bakrie (9,5 persen), Jusuf Kalla (7,2 persen), dan Hatta Radjasa (5,9 persen).

Alasan lainnya, jelas Bima, melihat dukungan politik yang pasti dari partai sendiri dan juga kemungkinan lintas-partai. Tak hanya itu, Prabowo dan Hatta pun dipandangnya sebagai calon yang memiliki perbedaan segmentas dukungan.

"Kedua tokoh punya potensi untuk mobilisasi pemilih yang berbeda, baik afiliasi politis maupun demografis. Dua tokoh ini mewakili blok politik dan era politik yang berbeda pula," pungkas Bima.

0 komentar:

Posting Komentar