Pages

Rabu, 29 Agustus 2012

PAN Siap-siap Daftar Jadi Peserta Pemilu 2014

TEMPO.CO, Jakarta - Partai Amanat Nasional telah merampungkan persiapan pendaftaran partai politik peserta pemilihan umum legislatif 2014 ke Komisi Pemilihan Umum. »Dokumen semua sudah komplet dan sempurna,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN Viva Yoga Mauladi di Jakarta, Jumat, 24 Agustus 2012.

Menurut Viva, saat ini partainya tinggal menunggu kesepakatan pengurus harian untuk segera mendaftar. Alasannya, beberapa pengurus masih dalam suasana Lebaran. Kalau tidak ada aral, pendaftaran dilakukan pekan depan. »Kami masih menunggu konfirmasi kehadiran pengurus harian saja,” ujarnya.

Menghadapi Pemilu 2014, KPU telah membuka pendaftaran partai peserta pemilu sejak 10 Agustus lalu. Pendaftaran dan penyerahan berkas akan ditutup pada 7 September mendatang. Sedangkan proses verifikasi partai baru ditutup pada 14 September. 

Berdasarkan UU Pemilu, partai yang sudah lolos ambang batas parlemen pada pemilu 2009 tidak perlu lagi mengikuti proses verifikasi partai peserta pemilu. Mereka cukup mendaftar dan otomatis ditetapkan sebagai peserta pemilu 2014.

Saat ini, beberapa partai seperti Partai Dmeokrasi Indonesia Perjuangan, Nasional Demokrat, Hanura, sudah mendaftar. Sedangkan partai-partai besar lain seperti Demokrat dan Golkar rencananya akan mendaftar pada akhir Agustus nanti. 

Dalam pemilu 2014, PAN optimistis meraih dua digit suara. Sekretaris Jenderal PAN, Taufik Kurniawan, sebelumnya mengatakan PAN sudah mengantongi 11 juta pengurus. Dia yakin, jika pada pemilu 2014 setiap pengurus bisa menyumbang 2 suara, maka suara partai berlambang matahari ini mencapai 33 juta atau setara 26 persen.

0 komentar:

Posting Komentar