Pages

Sabtu, 04 Agustus 2012

Sekjen PAN: Hari Gini Kok Percaya Survei

Sekjen PAN Taufik Kurniawan menegaskan partainya akan fokus konsolidasi internal tanpa melihat dinamika survei yang dirilis lembaga survei lagi. Kepercayaan terhadap lembaga survei sudah kandas setelah melesetnya prediksi Pilgub DKI Jakarta. 

“Dengan hasil survei yang meleset semua di Pilkada DKI tentunya sudah tidak saatnya lagi partai berkaca kepada hasil survei. Konsistensi lembaga survei itu kan perlu dipertanyakan, meskipun itu bagian proses ilmiah kita apresiasi saja. Tapi dengan hasil Pemilukada DKI merupakan jendela politik Indonesia. Karena DKI adalah Ibukota negara ditambah semua survei meleset artinya aspirasi masyarakat itu di atas hasil survei. Tidak perlu penggiringan opini atau pun hal-hal lain masyarakat menjadi kontraproduktif,” kata Taufik kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/7/2012).

Menurut Taufik, PAN percaya kepada kinerja partainya. Meskipun di survei kurang menguntungkan, dia yakin akan menuai hasil positif di Pileg 2014.

“Apalagi ada survei yang ditelepon saja. Itu kan dari metodologi penelitian patut dipertanyakan. Kita apresiasi sebagai demokrasi, tapi manakala ada lembaga survei tidak independen, golongan perorangan. Artinya itu dalam posisi tidak objektif karena perlu dipertimbangkan lain. Marilah kita bekerja keras barangkali masyarakat semakin matang jadi jangan dilakukan penggiringan opini dari lembaga survei. Kita serahkan masyarakat mencari pemimpin yang amanah sehingga harapannya masyarakat bisa berpikir tenang, apa pun hasilnya kita tunggu nanti di Pemilu 2014,” katanya.

Taufik berpendapat beberapa survei yang diambil tidak proporsional datanya dan hasilnya dipertanyakan.

“Ada beberapa daerah di Indonesia kalau survei itu diambil dari bukan basis PAN tentu PAN tidak ada suaranya. Jadi bagaimana kualitas data sangat lemah. Kita pun di beberapa kota di Jawa seperti di Bajarnegara belum pernah masuk lima besar, alhamdulilah malah PAN menang di situ. Apapun one man one vote, one value, masih berlaku. Jadi hari gini kok ngomongin survei,” tegasnya. 

Sumber : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar